Peran pelayanan pada front office saat ini tidak bisa dianggap remeh dan sangat penting perannanya sebagai garda depan suatu instansi pemerintah maupun badan usaha untuk memberikan tugas pelayanan kepada masyarakat. Instansi pemerintah memiliki tugas mendasar untuk memberikan tugas pelayanan bagi masyarakat, service excellence menjadi representasi wajah pemerintah yang sepenuhnya peduli atas kebutuhan masyarakat. Service excellence yang diberikan Bank BSI dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk bekerjasama dengan Perumda Air Minum Tirta Taman Sari Kota Madiun dalam mencapai tujuan tersebut yang melibatkan beberapa bagian, yaitu kasir, pelayanan, pemutusan, dan security.
Servive excellent disebut Seni menciptakan nilai bagi orang lain ialah bagaimana menciptakan kesan yang baik, yang selalu diingat orang lain terhadap diri kita, Excellent adalah sesuatu yang diberikan mempunyai kualitas tinggi dan melebihi apa yang diharapkan oleh pelanggan, maka pengertian excellent service atau pelayanan prima adalah suatu pelayanan yang terbaik dan memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan bahkan lebih. Excellent service bukanlah pelayanan yang mewah, sebaliknya definisi konsep ini justru sederhana, yaitu secara konsisten memberikan pelayanan yang sesuai bahkan melebihi ekspektasi pengguna layanan.
Gambaran bagaimana service excellence dapat diterapkan di ruang publik. Birokrasi yang lambat dan bertele-tele seakan telah menjadi gambaran pelayanan dalam lingkungan birokrasi pemerintahan selama ini. Maka dengan excellent service diharapkan dapat menghilangkan stigma negatif pada masyarakat, untuk itu diperlukan perubahan mindset perilaku pelayan public diantaranya yaitu mengubah perilaku dari penguasaan masyarakat.
Ada peribahasa mengatakan bahwa “Seseorang itu tidak dilihat dari seberapa kaya bahkan seberapa tinggi pendidikannya, tapi bagaimana cara memperlakukan orang lain, itulah yang sesungguhnya menunjukkan Value kamu.“
(PPID/PDAM).